Definisi Investasi & Resiko nya


Definisi Investasi & Resiko nya, Hello sobat line manufacturing, seringkali kita mendengar kata kata investasi, bahkan sudah terasa tidak asing lagi, mengapa harus Ber - Investasi, Ya Harus karna Setiap Negara manapun di Dunia mempunyai Musuh Keuangan yaitu : INFLASI ( Menurunnya Nilai Mata Uang ). Tetapi perlu di ingat juga, kita semua harus hati hati dengan Investasi Bodong, Nah untuk lebih jelas nya yuk kita bahas dulu arti definisi Investasi.

  • Pengertian atau definisi investasi secara sederhana adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan atas uang atau dana tersebut.
  • Menurut wikipedia Indonesia, investasi adalah suatu istilah dngan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumilasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Terkadang, investasi disebut juga penanaman modal.
  • Pengertian investasi berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian (dan berarti juga produksi) dari kapital/modal barang-barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). Contoh membangun rel kereta api, atau suatu pabrik, pembukaan lahan atau seseorang sekolah di suatu universitas.

Ada dua kategori investasi yang selama ini kita kenal, yaitu :

  • Real assets (aset riil), yakni: investasi yang dilakukan pada aktiva yang berwujud seperti gedung, kendaraan, mesin dan sebagainya.
  • Financial Assets (aset keuangan), yakni: investasi yang dilakukan pada dokumen (surat-surat) seperti Saham, Obligasi, pasar mata uang, Reksadana, Aset Porto Folio & Emas.


  • High Profit - High Risk, Semakin Besar Keuntungan Investasi, maka sebanding lurus yaitu semakin besar Resiko nya ( Seperti Saham, Reksadana saham, Pasar Mata Uang )
  • Medium Risk - Medium Profit ( Keuntungan Menengah, maka Resiko juga menengah ) seperti Reksadana Campuran, Obligasi, Valas, Emas Fisik, Tanah, Properti, Kendaraan, Jual Beli Real, Bisnis Real dll
  • Small Risk - Small Profit ( Keuntungan Kecil - Resiko Kecil ) Seperti menabung di Bank & Deposito


  • Investasi Jangka Panjang ( Rumah, Tanah, Properti, Saham, Emas, ORI & Reksadana )
  • Investasi Jangka Menengah ( Deposito )
  • Investasi jangka Pendek ( Saham & Deposito )

Nah inilah sobat line manufacturing, bahwa Investasi itu sangat Penting sekali bagi Masa depan anda, mengapa ya karena setiap Negara pasti akan mengalami Inflasi, 

  • Bayangkan anda sudah capek capek menabung selama Puluhan tahun untuk biaya pendidikan Putra putri anda, tetapi lihat hasil nya setelah puluhan tahun menabung, ternyata Biaya Pendidikan Kuliah masih belum cukup, karena Biaya Melambung tinggi, 
  • Dulu uang 50 Ribu rupiah bisa cukup selama 1-2 hari, bahkan jika di Desa bisa sampai seminggu, tapi lihat di tahun 2013 ini, Bahkan di perkotaan besar, uang 50 Ribu hanya bertahan 1 Hari bahkan 1/2 hari saja, ya karena semakin Menurunnya Nilai Mata Uang, Perasaan Punya Uang 10 Juta jaman dulu itu waw cukup Besar, Nah sekarang ????
  • Nah gampang nya, hampir rata rata Masyarakat Awam lebih suka investasi di bidang Properti seperti TANAH, Bangunan, Rumah, karena memang lebih REAL asset terlihat & memang harga tanah yang selalu Naik, tapi ya itu kelemahan & Kekurangan Investasi pada REAL ASSET adalah tidak liquid ( harus menunggu untuk Laku ) Berbeda dengan Saham, Reksadana, Obligasi, ORI dll
Itulah Penting nya Investasi sebagai Penghadang & Penyeimbang Inflasi, Tapi setelah kita mengetahui Fungsi Kelebihan dari Investasi jangan langsung segera Action, masih ada tahapan tahapan nya kita harus Mempersiapkan yang MATANG Mulai dari :

  1. Mempelajari Definisi, Jenis, Resiko Investasi Yang BAIK & BENAR
  2. Mencari Sumber sumber Refrensi Terpercaya
  3. Membuat Perencanaan untuk jangka Pendek, Menengah atau Jangka Panjang
  4. Memilih Produk nya
  5. Memilih Manajer Investasi yang ter percaya
  6. Harus selalu INGAT PRINSIP & SIFAT INVESTASI
  7. JANGAN SERAKAH, harus bisa mengolah Psikologi yang Baik
Jangan Sampai terjadi, alih alih ingin nya niat Ber - investasi untuk mendapatkan keuntungan, tetapi malah Rugi, atau seperti kejadian kejadian yang marak yaitu Investasi Bodong, Nah ini lah hal hal yang perlu di Pelajari - Cermati & di Pahami oleh Investor, terlebih bagi Investor Pemula.

Banyak Investor Pemula Terjebak dengan Kata kata DIJamin & Keuntungan Ratusan Persen, Nah inilah Janji janji Palsu & Pemahaman yang salah, karena melihat Sifat Investasi di atas adalah Tidak ada yang namanya Investasi di JAMIN, karena semua Baik Bisnis Real Apapun Manapun & Investasi selalu mempunyai Resiko.

Terkadang Masyarakat Awam Tergiur dengan Iming Iming Menggiurkan, Masyarakat juga TERLALU SERAKAH, sehingga mereka lupa PRINSIP PRINSIP INVESTASI YANG BAIK & BENAR

Terkadang masyarakat berkata " Ah Enak yah investasi di saham, cuma 3 bulan sudah Untung 300 Persen " nah pendapat pendapat inilah yang salah, Iya SAHAM Untung nya Ratusan Persen Tapi Ingat RESIKO nya Modal anda bisa habis sebagian atau bahkan habis Total keseluruhan, Lihat Pt. Mandala Airways

Nah jadi jika ingin Ber - Investasi yang Benar, anda harus betul betul Paham Untung - Risk nya, Lalu anda harus pahami karakter anda, apakah termasuk Investor ber karakter Agresif atau Slowly atau Medium, Berikut Line manufacturing Rangkum Tips Tips agar sukses Ber Investasi :

  • PAHAMI Karakter anda, suka tantangan / agresif / Senam jantung atau Medium atau Slowly
  • Harus Ingat selalu Prinsip - Sifat & Resiko Ber - Investasi
  • JANGAN SERAKAH
  • Rencanakan untuk Waktunya, Pendek menengah atau Jangka panjang
  • Tidak ada Prinsip Investasi PASTI UNTUNG & DI JAMIN selain Menabung di Bank & Deposito.
  • Jika tertarik mengikuti invetasi pada suatu lembaga, jangan langsung tergiur keuntungannya, Lihat & Pelajari dulu : History nya, siapa manajer Investasi nya, sudah berapa lama pengalamannya, Lihat Report laporan Keuangannya selama min. 3 bulan terakhir, Alamat Resminya, siapa Owner nya, bagaimana Pelayanannya

  • Maka jika ada Lembaga atau Individu yang mengajak anda untuk investasi dengan Slogan PASTI UNTUNG & DI JAMIN, anda harus Curiga & Teliti
  • Curigai & Teliti jika ada Instrumen Investasi memberi Keuntungan Besar dalam waktu Singkat & DIJAMIN
  • Pilih Lah Lembaga Lembaga Legal & RESMI seperti Memiliki PT, atau mempunyai Track Record yang ter Percaya

  • Ini contoh beberapa Instrumen Investasi Legal & Resmi seperti Jamsostek, Asuransi axa, Prudenlife, zurich, Saham Bursa Efek, Reksadana, Obligasi, ORI, SUN, Portofolio Saham sekuritas.
  • Untuk lebih mudah nya bagi Masyarakat awam & Pemula, Pilihan yang tepat adalah Reksadana atau ORI, silahkan datang Ke Bank & Konsultasi ke CS langsung saja gpp kok gratis ini hehehhe, seperti Bank Mandiri, Bank Panin, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, atau ke Jamsostek.
  • Karena Reksadana adalah Patungan kolektif Dana masyarakat di kumpulkan jadi satu lalu di kelola oleh Team manajer Investasi yang ber pengalaman ( pelajari Definisi Reksadana Jenis & Resikonya )

  • Jika anda Pemula Lebih bagus sebagai tahap Belajar adalah Reksadana, kecuali jika anda sudah Professional & Mahir maka anda bisa langsung ber - transaksi sendiri langsung ke Bursa Saham Real
  • Contoh hasil Report adalah lihat website Bank Mandiri ( khusus untuk Investasi ) http://www.mandiri-investasi.co.id/index/nav/0/NAV.html
  • Anda bisa melihat laporan total dalam bentuk Persen, lihat keuntungan dari Reksadana saham ( 20% ) wow menggiurkan bukan, tapi ingat itu untung nya hehehhe, jika saham lagi jatuh maka akan minus lhoe Report laporannya.

  • Atau anda bisa melihat di MNC Asset management, tau kan siapa pemilik nya ( Bos Hary Tanoe si Raja Multi Media ) si Pemilik MNC Group Rcti, TPI, Global tv, Koran Sindo, Asuransi MNC Life dll, silahkan anda bisa langsung melihat mempelajari & memahami di website nya http://www.mncassetmanagement.com/mnc-dana-lancar
  • Anda juga bisa melihat pada majalah Online Infovesta, kontan id, atau artikel artikel terkait pembelajaran Investasi di google.

Demikian sobat line manufacturing, semoga ber manfaat.


1 komentar:

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Investasi', Silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/571/1/HARTADI_3.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus